SENI BUDAYA



Pada postingan kali ini akan membahas tentang Seni Budaya dan bagian – bagiannya.
SELAMAT MEMBACA

Seni Budaya adalah karya cipta manusia yang berlandaskan pada sistem kemasyarakatan , adat , kebiasaan suatu daerah dengan pendekatan nilai - nilai keindahan yang dapat berupa benda, gagasan atau pemikiran.
Seni budaya terbagi menjadi beberapa seni yaitu :
  1. seni tari,
  2.  seni musik,
  3.  seni rupa,
  4.  seni drama,
  5.  seni sastra .

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang seni rupa, dapat disimpulkan bahwa seni rupa juga termasuk ke dalam jenis seni budaya. Seni rupa adalah salah satu jenis seni budaya yang dapat berupa karya benda atau artefak yang bersifat kasat mata.
Seni rupa memiliki cabang – cabang seni diantaranya adalah
1.      Seni Murni
Adalah cabang seni rupa yang tidak memperhatikan sisi fungsi atau kegunaannya yang terpenting adalah kebebasan berekspresi dalam menciptakan karya seni rupa. Yang termasuk seni murni ini adalah seni lukis, seni patung, dan seni grafis
2.      Seni Terapan
Adalah cabang seni rupa yang diciptakan dengan tujuan atau fungsi tertentu, biasanya lebih mementingkan atau lebih mengutamakan nilai gunanya dan fungsi ekonominya. Yang termasuk ke dalam seni terapan ini adalah seni kriya dan seni kerajinan.
3.      Seni Desain
Adalah cabang seni rupa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia secara jasmani maupun rohani yang disalurkan melalui pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang mencerminkan kepentingan manusia dari apresiasi dan adaptasi dengan lingkungannya. Yang termasuk ke dalam seni desain ini adalah desain komunikasi visual dan desain ruang dalam (interior)

Seni rupa juga terdapat corak atau gaya mengungkapkan dapat berupa seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.
Seni rupa dua dimensi dapat berupa
  1. lukisan,
  2. gambar,
  3. grafis,
  4. tapestri dan
  5.  desain
Dari semua jenis seni rupa dua dimensi ini terbagi menjadi beberapa golongan yaitu tradisi, klasik, modern, dan posmo.
Referensi : 
Jurnal
Drs. Hery Santosa, M.Sn. dan Drs. Tapip Bahtiar, M.Ds. .“Aliran Seni Lukis Eropa”. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._SENI_RUPA/196506181992031-HERY_SANTOSA/ALIRAN_SENI_LUKIS_DUNIA_2.pdf. 7 Juni 2010

Website
Di postingan selanjutnya akan membahas tentang Seni Lukis. Semoga postingan ini dapat memberi pengetahuan yang berguna bagi pembaca.Terima kasih telah membaca dan terima kasih atas perhatiaannya, saran, kritik maupun komentar sangat diharapkan demi perkembangan blog ini.
TERIMA KASIH
GOD BLESS US ALWAYS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: